Menemukan metode baru dalam pembelajaran


Diperlukan pemikiran dan kesungguhan pada saat proses menemukan pembelajaran yang menarik minat dan motivasi siswa. Memberikan ruang untuk siswa dapat lebih mendalami materi tidak harus dilakukan secara monoton dengan membaca dan mengerjakan soal latihan dalam buku paket, LKS dan isian benar atau salah. Tetapi mencoba menemukan pembelajaran yang bermakna dapat dilakukan dengan banyak hal. Diskusi kelas, bertanya jawab secara berpasangan, dan banyak hal yang seharusnya dapat digali untuk senantiasa mengembangkan cara belajar yang efektif dan dapat difahami secara mudah oleh siswa.

Ada beberapa kegiatan yang dapat dicoba untuk mengembangkan pemahaman siswa diantaranya:

  1. Menugaskan siswa membuat pertanyaan sendiri dan menjawabnya dengan apa yang dipahaminya secara pemikiran anak
  2. Siswa membuat soal dan menugaskan temannya untuk menjawabnya, serta pembuat soal harus memeriksa jawabannya
  3. Siswa ditugaskan membuat jawaban dan siswa yang menemukan pertanyaan dari jawaban yang telah dibuat

Ketiga cara tersebut telah dilakukan untuk kelas IV C SD Laboratorium dan hasil yang terlihat adalah:

  1. Siswa lebih antusias daripada mengerjakan buku paket dan soal latihan di papan tulis.
  2. Interaksi siswa dalam bertukar pikiran lebih terbuka dan memungkinkan saling berbagi pengetahuan yang difahami masing-masing siswa
  3. Motivasi siswa semakin terlihat lebih baik karena pada sisi lain akan memberikan kepercayaan pada diri siswa dalam proses belajar

Apa yang telah ditulis dalam Blog ini adalah  hasil dari pengamatan penulis Blog berdasarkan Beberapa temuan dikelas.

Categories: Pendidikan | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan komentar

Blog di WordPress.com.